Vinales belum terkalahkan hingga FP3 GP Aragon, Quartararo terjatuh

Vinales belum terkalahkan hingga FP3 GP Aragon, Quartararo terjatuh


Jakarta (LGMI NEWS) – Maverick Vinales belum terkalahkan hingga sesi latihan bebas ketiga Grand Prix Aragon di saat pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo dibawa ke pusat medis setelah terjatuh jelang akhir FP3, Sabtu.

Pebalap tim Petronas Yamaha itu kehilangan kendali ban depan motor M1nya dan terpelanting ketika melaju di Tikungan 14. Sang pebalap Prancis terlihat kesakitan dan kesulitan berjalan sebelum ditandu oleh para marshal.

Start sesi FP3 diundur untuk memungkinkan suhu trek yang lebih aman seperti halnya sesi FP1 pada hari sebelumnya dan tiga Yamaha masih dominan jelang kualifikasi.

Sepuluh pebalap dengan catatan waktu terbaik setelah FP3 mendapatkan tiket langsung ke bagian kedua dan terakhir kualifikasi untuk memperebutkan posisi start terdepan.

Baca juga: Morbidelli yakin Yamaha paling sedikit menderita di suhu dingin Aragon

Baca juga: Vinales dominasi FP2 MotoGP Aragon, Ducati kepayahan

Franco Morbidelli menjadi yang tercepat di sesi FP3 namun catatan waktu terbaiknya masih terpaut 0,088 detik dari catatan Vinales, satu menit 47,771 detik, yang dibuat di FP2, demikian laman resmi MotoGP.

Sang pebalap Italia berada di peringkat dua catatan waktu kombinasi, mengalahkan rekan satu timnya di Petronas Yamaha. Kendati terjatuh, Quartararo tergeser hanya ke P3 berkat catatan waktunya di sesi latihan kedua.

Cal Crutchlow menjadi pebalap Honda tercepat setelah FP3 dan mengamankan P4 untuk tim LCR Honda, sedangkan rekan rekan satu timnya, Takaaki Nakagami finis P8, satu posisi di belakang rookie tim Repsol Honda Alex Marquez.

Pebalap KTM Pol Espargaro dan Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar berada di antara ketiga pebalap Honda terdepan itu.

Alex Rins mengamankan satu lagi tiket Q2 untuk Suzuki di saat Aleix Espargaro melengkapi peringkat sepuluh besar untuk Aprilia.

Akhir pekan yang berat bagi Andrea Dovizioso berlanjut. Berupaya memperbaiki catatan waktunya demi slot Q2, pebalap Ducati itu terjatuh di Tikungan 6.

Sedangkan Jack Miller mendapati waktu terbaiknya dibatalkan karena bendera kuning dan untuk pertama kalinya di musim ini, tidak ada pebalap Ducati yang langsung lolos ke sesi kedua kualifikasi itu dan harus saling bertarung di Q1.

Baca juga: Dovi ungkap penyebab Ducati melempem di sesi latihan MotoGP Aragon

Baca juga: Dua balapan di Aragon krusial untuk perebutan gelar juara MotoGP

Sebelumnya, enam penunggang Desmosedici di sesi latihan Jumat mengeluhkan kondisi angin kencang dan kesulitan mendapatkan suhu ban yang pas di cuaca dingin Aragon.

Hanya tiga pebalap Yamaha yang turun di Aragon setelah Valentino Rossi kedapatan positif COVID-19 dan harus mengisolasi diri di rumahnya di Italia.

Stefan Bradl masih dimandati Honda untuk menggantikan Marc Marquez yang cedera sejak seri pembuka di Jerez.

Baca juga: Yamaha tak persiapkan pengganti untuk Rossi di Aragon

Baca juga: Gandeng Gresini Racing, MP1 ingin orbitkan pebalap Indonesia ke MotoGP

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
LGMI NEWS 2020

Ingin Berkomentar?

//whugesto.net/afu.php?zoneid=3065082