Usai dituduh tipu investor, Nikola bangun prototipe truk listrik


Jakarta (LGMI NEWS) – Nikola Corp bersama pembuat peralatan kendaraan CNH Industrial akan membangun prototipe semi-truk Tre EV, berselang beberapa hari setelah Nikola dikabarkan melakukan “penipuan”.

CNH mengatakan akan memulai uji coba semi-truk pada akhir tahun ini, kemudian mobil itu akan dirilis secara komersial pada kuartal empat 2021.

Di sisi lain, Nikola sedang diselidiki oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) atas laporan penipuan kepada investor yang dilaporkan Hindenburg Reserarch. Nikola justru balik menuduh Hindenburg telah memanipulasi saham untuk menguntungkan “short-seller”

Kendati demikian, SEC tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Tidak sampai disitu, Hindenburg juga menuduh truk yang tampaknya berfungsi, yakni Nikola One, “hanya difilmkan menuruni bukit besar” pada tahun 2017.

Nikola mengatakan tidak pernah menyatakan truk itu dikendarai “di bawah penggeraknya sendiri” dan investor pada saat itu mengetahui kemampuan teknisnya.

Pekan lalu, Nikola mendapatkan kesepakatan kerja sama bidang manufaktur dari raksasa otomotif AS, General Motors, yang membeli saham Nikola sebesar 11 persen.

Baca juga: Startup truk listrik Nikola dituding tipu investor

Baca juga: GM dan Nikola “keroyok” Tesla di segmen truk listrik

Baca juga: Nikola sedang cari partner yang tepat untuk pickup Badger

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © LGMI NEWS 2020

Ingin Berkomentar?

//azoaltou.com/afu.php?zoneid=3065082