Tujuh fungsi dari "door visor" kendaraan

Tujuh fungsi dari “door visor” kendaraan


Jakarta (LGMI NEWS) – Door visor atau yang akrab dikenal dengan talang air pada kendaraan tidak hanya memiliki fungsi sebagai hiasan pada mobil saja, namum keberadaannya memiliki fungsi yang sangat bermanfaat.

Talang air yang terletak pada bagian atas jendela yang kemudian direkatkan pada bracket yang ada di atas pintu mobil. Pemasangan talang air ini termasuk dalam standar pembuatan mobil karena fungsinya.

Dikutip dari laman resmi milik Suzuki Indonesia, Senin, keberadaan talang air pada mobil menjadi suatu keharusan. Berikut tujuh fungsi dari talang air pada mobil:

1. Mencegah air hujan masuk kabin

Talang air pada mobil sangat berguna terutama pada saat musim hujan. Talang air ini dapat mencegah air hujan masuk ke dalam kabin untuk sementara waktu. Hal ini akan berguna ketika sedang berkendara dan tiba-tiba turun hujan, sedangkan pengendara belum sempat menutup jendela

Keberadaan talang air ini sangat berguna ketika AC mobil Anda mengalami masalah saat hujan. Anda dapat membuka sedikit kaca jendela mobil untuk mengurangi embun pada kaca mobil. Atau, saat mengambil tiket dan membayar parkir, talang air ini akan mencegah masuknya air hujan ke dalam mobil.

Baca juga: Siasat distributor aksesoris audio mobil Venom bertahan selama corona

2. Melindungi komponen kabin

Selain untuk melakukan pencegahan air hujan masuk ke dalam mobil, fungsi talang air berlanjut dengan mencegah kerusakan komponen pada kabin mobil. Seperti yang Anda ketahui, semua alat yang mengandung listrik akan bereaksi pada air.

Komponen pada kabin mobil hampir semua akan cepat rusak jika terkena air. Komponen yang rawan terkena cipratan air hujan yaitu power window. Komponen ini terletak di sisi door trim. Power window berfungsi untuk mengatur setelan terbuka dan tertutupnya kaca jendela mobil.

Jika air hujan yang masuk ke dalam mobil Anda mengenai panel power window, maka akan menyebabkan kerusakan. Tanpa door visor, air hujan akan mudah masuk ke dalam mobil meski kaca hanya terbuka sedikit, sehingga menyebabkan korsleting listrik yang membahayakan.

3. Mencegah basah

Masih berkaitan dengan fungsi talang air mobil sebelumnya, talang ini juga mencegah tangan Anda basah. Saat mengambil tiket, membayar parkir atau tol, Anda harus mengulurkan tangan. Keberadaan door visor mampu mempersempit area basah tangan Anda yang diulurkan ke luar mobil saat hujan.

Tanpa talang air ini, tangan Anda akan basah semua. Ditambah lagi dengan air hujan yang akan masuk ke dalam mobil, maka semakin luaslah bagian tangan Anda yang basah. Bahkan, pada kondisi hujan lebat, tidak menutup kemungkinan tubuh Anda juga ikut basah.

Baca juga: Aksesori kendaraan “anti repot” jadi tren saat ini

4. Mengurangi embun

Selain dapat mencegah masuknya air hujan, talang air pada mobil juga dapat mengurangi embun pada kaca depan mobil. Hal ini tentunya sangat membantu penglihatan Anda karena embun pada kaca depan dapat mengganggu jarak pandang.

Jika embun pada kaca bagian depan berkurang, Anda dapat berkendara dengan lebih nyaman. Selain itu, embun tidak akan menempel pada kaca samping mobil, karena adanya door visor.

5. Membantu sirkulasi udara dalam kabin

Tidak hanya berfungsi pada musim hujan, talang air mobil ternyata dapat membantu sirkulasi udara dalam kabin ketika mobil diparkir. Cuaca terik akan terasa semakin panas pada mobil yang diparkir di luar ruangan. Udara yang terperangkap dalam mobil yang tertutup rapat akan menjadi semakin panas.

Dengan adanya talang air pada mobil, Anda dapat sedikit saja membuka kaca jendela. Tentunya tidak melebihi batas talang air. Hal ini membantu keluar masuknya udara, sehingga suhu pada mobil tetap pada batas wajar. Anda tidak perlu khawatir orang lain melihat kabin interior karena terhalang talang air.

6. Mengurangi bising

Suara mesin, kerap kali dirasa cukup mengganggu saat berkendara. Namun suara bising mesin tersebut bisa diminimalisir, karena adanya talang air dengan mengarahkan aliran udara pada mesin.

Pengarahan aliran udara inilah yang meredam suara berisik mesin mobil, dan tidak akan mengganggu lagi.

Beberapa mobil keluaran terbaru bahkan hampir tidak mampu meredam suara mesinnya, hingga tidak terdengar.

7. Memperindah tampilan mobil

Sebagai aksesoris mobil, door visor juga berfungsi sebagai penambah estetika kendaraan. Dengan adanya door visor, mobil terlihat lebih keren. Sayangnya, talang air ini tidak otomatis terpasang pada semua jenis mobil. Beberapa mobil jenis baru sudah memasang talang air sesuai standar mereka.

Sedangkan sebagian besar jenis mobil harus membeli dan memasang talang air secara terpisah. Hal ini memang membuat mobil Anda terlihat lebih indah, namun tentunya harus mempertimbangkan fungsi lain dari talang air mobil yang lebih penting.

Baca juga: Tren penjualan “head unit” Android meningkat

Baca juga: Black Phantom, kaca film serba hitam pekat dari Solar Gard

Baca juga: Jaga cat mobil tetap berkilau dengan lapisan coating sapphire serum

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © LGMI NEWS 2020

Ingin Berkomentar?

//partouba.com/afu.php?zoneid=3065082