Tujuh belas negara bagian AS catat rekor peningkatan kasus COVID-19


Chicago (LGMI NEWS) – Tujuh belas dari 50 negara bagian AS mencatat rekor peningkatan satu hari dalam kasus virus corona baru pada hari Kamis, sehari setelah negara itu mencatat rekor dengan hampir 105.000 infeksi baru yang dilaporkan pada hari Rabu, menurut hitungan Reuters.

Wabah menyebar di setiap wilayah tetapi paling parah menghantam Midwest, berdasarkan kasus baru per kapita.

Sebelumnya, negara bagian yang paling banyak mencatat rekor kasus baru dalam satu hari yaitu 16 pada 30 Oktober, menurut data Reuters.

Illinois melaporkan hampir 10.000 kasus baru pada hari Kamis dan bersama dengan Texas memimpin Amerika Serikat dalam sebagian besar kasus yang dilaporkan dalam tujuh hari terakhir.

Baca juga: FDA restui penggunaan remdesivir Gilead pada pasien rawat inap COVID

Baca juga: Tembus 84 ribu lebih, AS pecahkan rekor harian COVID-19

Negara bagian Midwestern lainnya dengan rekor peningkatan kasus pada hari Kamis adalah Indiana, Iowa, Michigan, Minnesota, Missouri, North Dakota, Ohio dan Wisconsin.

Arkansas, Maine, Kentucky, New Hampshire, Oklahoma, Rhode Island, Utah dan West Virginia juga mencatat rekor peningkatan infeksi baru.

Beberapa kota dan negara bagian telah mengumumkan langkah-langkah baru seperti jam malam atau mengurangi ukuran pertemuan untuk memerangi penyebaran virus, tetapi Amerika Serikat belum mengambil tindakan di tingkat federal.

Tujuh belas dari 50 negara bagian tidak membutuhkan masker.

Banyak negara di Eropa menutup bisnis berisiko tinggi dan bahkan memerintahkan penutupan nasional atau regional dalam menghadapi gelombang kedua virus.

Selain meningkatnya kasus, rawat inap untuk pasien COVID-19 di AS naik menjadi lebih dari 52.500 pada hari Kamis, naik selama 11 hari berturut-turut dan semakin mendekati rekor 58.370 yang ditetapkan pada bulan Juli.

North Dakota melaporkan hanya delapan tempat tidur unit perawatan intensif gratis di seluruh negara bagian pada hari Kamis.

Rawat inap adalah metrik utama karena tidak terpengaruh oleh jumlah pengujian yang dilakukan.

Kematian akibat virus Corona cenderung lebih tinggi tetapi tidak pada tingkat yang sama dengan kasus.

Amerika Serikat rata-rata mengalami 850 kematian sehari, naik dari 700 kematian sebulan lalu.

Dalam beberapa hari terakhir, enam negara bagian telah melaporkan peningkatan tertinggi satu hari terkait kematian akibat pandemi: Arkansas, Idaho, North Dakota, South Dakota, West Virginia dan Wyoming.

Pandemi telah mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan rakyat Amerika, termasuk rekor jumlah pemilih yang mengirimkan surat suara mereka dalam pemilihan pada hari Selasa.

Sumber : Reuters

Baca juga: Dalam tujuh hari, hampir 500.000 warga AS tertular virus corona

Baca juga: AS laporkan lebih dari 100.000 kasus COVID-19 dalam satu hari


 

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
LGMI NEWS 2020

Ingin Berkomentar?

//stawhoph.com/afu.php?zoneid=3065082