Quartararo, Morbidelli bawa Petronas Yamaha puncaki FP2 GP San Marino

Quartararo, Morbidelli bawa Petronas Yamaha puncaki FP2 GP San Marino


Jakarta (LGMI NEWS) – Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli membawa Petronas Yamaha sebagai yang tercepat dalam sesi latihan bebas kedua Grand Prix San Marino di Sirkuit Misano, Jumat.

Pebalap asal Prancis itu pada menit-menit terakhir mencetak waktu terbaiknya, 1 menit 32,182 detik untuk menggeser sang pebalap Italia ke peringkat dua dengan selisih 0,178 detik, demikian laman resmi MotoGP.

KTM menjadi motor ketiga tercepat dalam sesi siang setelah Pol Espargaro finis 0,287 detik dari pemuncak sesi guna  mengungguli rookie KTM Tech 3 Iker Lecuona.

Sementara pemuncak FP1 Maverick Vinales kali ini kalah cepat dari rekan satu timnya dalam tim Monster Energy Yamaha Valentino Rossi ketika keduanya finis P5 dan P6, sekitar 0,5 detik dari sang pebalap satelit Yamaha.

Kendati demikian, catatan terbaik Vinales di FP1 cukup untuk membawanya berada dalam peringkat dua terbaik dari kedua sesi latihan atau terpaut 0,009 detik dari Quartararo.

Morbidelli tak cukup lebih cepat dari waktu Vinales sehigga dia menduduki peringkat tiga waktu kombinasi latihan, diikuti Espargaro, Lecuona dan Rossi.

Danilo Petrucci memperbaiki catatan waktunya pada sesi siang dan menjadi pebalap Ducati tercepat dari kedua sesi untuk mengamankan P7.

Baca juga: Hasil FP1 GP San Marino: Vinales tampil tercepat

Brad Binder dari tim KTM Factory Racing sempat terjatuh di Tikungan 6 dengan 26 menit tersisa, namun mampu membawa dirinya finis P8 di depan pebalap KTM lainnya Miguel Oliveira (Tech 3).

Aleix Espargaro dari tim Aprilia melengkapi peringakat sepuluh besar untuk sementara bisa lolos langsung ke Q2.

Andrea Dovizioso (Ducati) terlempar ke P11 dan mau tak mau harus memperbaiki catatan waktunya guna mengamankan slot dalam kualifikasi kedua, demikian pula Takaaki Nakagami (LCR Honda), Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Johann Zarco (Esponsorama/Avintia).

Cal Crutchlow (LCR Honda) telah menjalani operasi lengan di Austria, sedangkan Francesco Bagnaia memulihkan diri dari retak tulang kering. Kedua pebalap dinyatakan bugar untuk GP San Marino akhir pekan ini.

Sementara itu juara bertahan Marc Marquez masih absen dan bakal melewatkan balapan kelimanya musim ini setelah mengalami patah lengan kanan pada seri pembuka. Honda menyatakan jika masa pemulihan pebalap Spanyol itu bisa dua hingga tiga bulan.

Sirkuit Misano telah diaspal ulang tahun ini menjelang seri San Marino. Balapan kali ini juga menjadi yang pertama kalinya dihadiri oleh penonton, 10.000 per hari di bawah protokol kesehatan yang diterapkan secara ketat.

Baca juga: Rossi, Quartararo dibuat bingung kenapa Yamaha absen di tes Misano

Sepuluh besar catatan terbaik dari dua sesi latihan

1 F. QUARTARARO 1:32,189

2 M. VIÑALES 1:32,198

3 F. MORBIDELLI 1:32,367

4 P. ESPARGARO 1:32,476

5 I. LECUONA 1:32,675

6 V. ROSSI 1:32,732

7 D. PETRUCCI 1:32,825

8 B. BINDER 1:32,920

9 M. OLIVEIRA 1:32,935

10 A. ESPARGARO 1:32,936

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
LGMI NEWS 2020

Ingin Berkomentar?

//azoaltou.com/afu.php?zoneid=3065082