McLaren siap berikan performa maksimal hadapi musim 2024

Piastri dan Sargeant petik pelajaran penting dari musim rookie di 2023

Jakarta (LGMI News) – Dua pembalap muda di Formula 1, Oscar Piastri (McLaren) dan Logan Sargeant (Williams) mengatakan banyak memetik pelajaran penting dari musim rookie atau pertama mereka di musim 2023.

“Banyak sekali hal yang bisa diambil. Bagi saya, pembalap tidak bisa beristirahat, karena jika membuat kesalahan di Formula 1 akan merugikan (performa pembalap),” kata Piastri, dikutip dari laman resmi F1, Senin.

“Semua pembalap sangat kompetitif, pun dengan semua tim balap. Jika saya bersantai-santai, maka saya akan bisa kehilangan banyak waktu dan posisi. Jadi, itu mungkin adalah (kerugian) yang terbesar,” ujarnya menambahkan.

Piastri pun dinilai memiliki penampilan yang cukup baik pada musim lalu, dengan mampu bersaing memperebutkan podium bersama dengan pembalap-pembalap lain yang lebih senior.

Meski demikian, pembalap asal Australia itu mengaku tidak ingin segera berpuas diri dengan musim rookie-nya yang cukup kuat. Piastri mengatakan, pengalaman di sepanjang 2023 akan menjadi bekalnya untuk menghadapi musim 2024.

“Saya juga belajar banyak soal cara mengemudi dan manajemen energi. (2023) Adalah tahun yang sibuk dan kompetitif. Pelajaran terbesarnya adalah bahwa kita tidak bisa berpuas diri,” kata dia.

Di sisi lain, Sargeant mengalami musim yang cukup menantang di era rookie-nya. Sempat tampil menjanjikan di balapan kandangnya di Austin dan start P7 di Las Vegas, ia tak menampik sempat mengalami kesulitan saat membalap sehingga menimbulkan kesalahan.

“Bagi saya, hal terbesar (yang saya pelajari) adalah menghargai setiap tingkatan upaya yang perlu dilakukan untuk tampil di level (stabil atau tinggi) setiap hari. Mencoba untuk melakukan itu setiap saat adalah yang terpenting,” kata Sargeant.

Pembalap asal Amerika Serikat itu melanjutkan, musim 2024 akan menjadi waktu untuk fokus menambah konsistensi dan memanfaatkan peluang dengan baik demi tampil lebih kompetitif.

“Saya sangat senang bisa melanjutkan bersama Williams Racing untuk musim 2024. Ini merupakan perjalanan yang luar biasa bersama tim sejauh ini, dan saya bersyukur atas kesempatan untuk terus berkembang sebagai pembalap dalam grup yang berbakat dan berdedikasi,” kata Sargeant.

“Kami mempunyai rencana menarik untuk masa depan, dan saya tidak sabar untuk berkontribusi pada kesuksesan tim di tahun 2024,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, sesi uji coba pramusim Formula 1 untuk tahun ini akan berlangsung selama tiga hari di Bahrain pada 21-23 Februari.

Setelah itu, Formula 1 musim 2024 sendiri akan dibuka di Bahrain pada 29 Februari hingga 2 Maret.

Baca juga: Verstappen antisipasi kebangkitan McLaren di F1 2024

Baca juga: McLaren siap berikan performa maksimal hadapi musim 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © LGMI News 2024

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *