Pelindo 1 komitmen salurkan dana PKBL di tengah COVID-19


Dana kemitraan disalurkan dalam bentuk pinjaman modal untuk para pelaku usaha mikro dan kecil

Jakarta (LGMI NEWS) – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 berkomitmen menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di tengah pandemi COVID-19.

SVP Corporate Secretary Pelindo 1, Imron Eryandy dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis menyampaikan dana PKBL yang disalurkan tidak hanya membantu masyarakat yang perekonomiannya kian sulit akibat pandemi, tetapi juga bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan nilai ekonomi dan sosial masyarakat.

Hingga Oktober 2020, lanjut dia, Pelindo 1 telah menyalurkan total dana PKBL sebesar Rp12,3 miliar dengan rincian Rp5,8 miliar untuk program kemitraan dan Rp6,5 miliar untuk bina lingkungan.

“Dana kemitraan disalurkan dalam bentuk pinjaman modal untuk para pelaku usaha mikro dan kecil di berbagai sektor seperti industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa dan usaha lainnya,” paparnya.

Dana bina lingkungan disalurkan sebagai bantuan untuk korban bencana alam, pendidikan dan atau latihan, peningkatan kesehatan, bantuan sarana dan prasarana umum, bantuan sarana ibadah, pelestarian alam, dan bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Penyaluran dana PKBL dilakukan di empat provinsi yang merupakan lingkup area operasional Pelindo 1 yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau melalui cabang-cabang Pelindo 1 di daerah bersangkutan.

“Dalam pelaksanaan Program Kemitraan ini, Pelindo 1 tidak hanya memberikan pinjaman dana saja yang diberikan kepada para pelaku UMKM, namun Pelindo 1 juga memberikan pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mitra binaan Pelindo 1 dalam menekuni bidangnya, memperkenalkan hasil karya para mitra binaan dan memperluas pangsa pasar mereka melalui digital marketing, terutama di masa pandemi COVID-19 ini,” katanya.

Harapannya, lanjut dia, program ini bisa membantu mengembangkan industri rumahan dan akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian masyarakat di sekitar Pelindo 1.

Agusman, salah satu mitra binaan Pelindo 1 di Tanjung Pinang mengatakan bahwa dana pinjaman dari Pelindo 1 dimanfaatkan untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya ke depan.

“Di tengah situasi pandemi ini, usaha yang saya lakukan juga terkena dampaknya. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pelindo 1, saya menerima bantuan dana kemitraan yang bisa digunakan untuk bantuan modal usaha saya,” ujar Agusman.

Untuk program Bina Lingkungan unggulan Pelindo 1 tahun 2019 – 2020 ini beberapa diantaranya adalah pengembangan kampung wisata ramah anak di Lingkungan XII Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Medan.

Dalam pengembangannya, Pelindo 1 bersama Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan (FK PUSPA) telah melakukan program kegiatan penghijauan melalui pertanian hidroponik, menyediakan fasilitas rumah baca, mengembangkan program usaha ternak lele dan batik daun ecoprint, dan program layanan kesehatan termasuk untuk penanggulangan COVID-19.

Pelindo 1 juga membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kampung Wisata Ramah Anak sebagai upaya pengembangan masyarakat untuk lebih peduli dalam membangun kampungnya sebagai kampung wisata yang kemudian mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca juga: Pelindo I lakukan percepatan pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung

Baca juga: Pelindo 1 Tanjungpinang salurkan dana kemitraan dukung UMKM

Baca juga: Pelindo 1 Pekanbaru bukukan Rp77,029 miliar sampai Juli 2020

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Faisal Yunianto
LGMI NEWS 2020

Ingin Berkomentar?

//whugesto.net/afu.php?zoneid=3065082