Menhub pastikan arus penumpang pelayaran di Tanjungpinang lancar

Menhub pastikan arus penumpang pelayaran di Tanjungpinang lancar

Saya lihat arus penumpang pelayaran domestik maupun internasional di Tanjungpinang saat ini masih berjalan normal dan lancar, terutama ketika libur Imlek kali ini. Saya minta pelayanan ini dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan

Jakarta (LGMI News) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan arus penumpang pelayaran dari dan menuju Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) berjalan normal dan lancar, terutama di masa libur Isra Mi’raj dan Tahun Baru Imlek.

Hal itu diungkapkan Menhub usai meninjau Pelabuhan Penyeberangan Dompak, Tanjungpinang, Kepri, Jumat.

“Saya lihat arus penumpang pelayaran domestik maupun internasional di Tanjungpinang saat ini masih berjalan normal dan lancar, terutama ketika libur Imlek kali ini. Saya minta pelayanan ini dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan,” kata Menhub dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Menurut Menhub, di beberapa pelabuhan laut maupun penyeberangan telah dipersiapkan sejumlah armada yang akan mengangkut penumpang dari Tanjungpinang ke berbagai pulau di Kepri.

Ia juga memastikan operator kapal akan menambah armadanya bila permintaan penumpang meningkat.

“Untuk penambahan trip dan kapal akan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kami akan lakukan sesuai kebutuhan dan permintaan,” kata Menhub.

Sebelumnya, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo juga telah menjamin layanan pelabuhan berjalan optimal selama libur panjang Isra Mi’raj dan Tahun Baru Imlek.

“Kami pastikan kegiatan layanan di seluruh wilayah operasional Pelindo berjalan optimal pada masa libur long weekend. Koordinasi dengan berbagai pihak termasuk para stakeholder kepelabuhanan terus dilaksanakan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jasa,” kata Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ali Mulyono dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (8/2).

Berdasarkan data historis, terminal penumpang tersibuk pada masa liburan, yaitu Terminal Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, dan Tanjung Perak. Pelindo memastikan seluruh terminal penumpang tersebut siap melayani para penumpang.

“Fasilitas-fasilitas seperti ruang tunggu penumpang, mushala, ruang laktasi, alat pemeriksa suhu tubuh, dan personel keamanan disiapkan untuk menjamin para penumpang tetap aman, sehat, dan lancar,” ujar GM Pelindo Cabang Tanjungpinang Darwis.

Baca juga: Sambut tol baru, Menhub tingkatkan kinerja Pelabuhan Kuala Tanjung

Baca juga: Menhub tekankan pentingnya seluruh aspek keselamatan penerbangan

Baca juga: Menhub: Terminal Leuwipanjang jadi percontohan terminal di Indonesia

Baca juga: Menhub sebut progres pembangunan Bandara Singkawang capai 95 persen

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © LGMI News 2024

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *