Mantan PM Kanada Turner tutup usia

Mantan PM Kanada Turner tutup usia


seorang pria bersahaja dengan suara hati sosial yang kuat.

Ottawa (LGMI NEWS) – Mantan Perdana Menteri Kanada John Turner, yang menjabat hanya 11 pekan dan memimpin Partai Liberalnya mengalami kekalahan elektoral besar-besaran pada 1984, meninggal dunia pada Sabtu dalam usia 91.

Turner menggantikan Pierre Trudeau pada akhir Juni 1984 pada satu masa ketika para pemilih semakin lelah dengan kaum Liberal, yang telah berkuasa selama 20 dari 21 tahun sebelumnya. Sebelum menjadi PM, dia memegang jabatan menteri keuangan dan kehakiman.

PM Kanada saat ini Justin Trudeau, putra Pierre, menyampaikan belasungkawa dan menyebut Turner “seorang pria bersahaja dengan suara hati sosial yang kuat.”

“Sumbangannya kepada Kanada tak akan dilupakan,” kata Trudeau dalam pernyataan.

Pada 1984 Turner menyerukan pemilihan umum pada September dan kemudian memimpin atas apa yang banyak pengamat politik anggap sebagai salah satu kampanye terburuk dalam sejarah Kanada, yang dirusak oleh serangkaian kesalahan.

Satu titik balik terjadi saat perdebatan di televisi ketika Turner, saat berdebat dengan  pemimpin Partai Konservatif Brian Mulroney, mengatakan dia tak punya pilihan kecuali menyetujui penunjukan yang diusulkan Trudeau sebelum dia meninggalkan jabatan.

“Anda dapat mengatakan ‘saya tak akan melakukannya. Ini salah buat Kanada’…Anda punya satu pilihan, pak, untuk berkata tidak. Dan anda memilih berkata ya,” jawab Mulroney dalan salah satu momen paling dikenang dalam perpolitikan Kanada. Partai Konservatif meraih kemenangan 211 dari 282 kursi di DPR.

Partai Liberal melorot hanya dengan 40 kursi dari 135 namun Turner bertahan pada posisinya. Masa jabatannya selama 79 hari sebagai PM merupakan yang terpendek kedua dalam sejarah Kanada.

Dalam kampanye pemilu 1988 dia mengambil sikap tegas menentang satu kesepakatan perdagangan bebas yang diusulkan bersama AS namun kalah lagi dengan Mulroney, meskipun tak terlalu buruk.

Dia mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Liberal pada 1990 dan digantikan oleh Jean Chretien, yang memimpin Partai Liberal meraih kemenangan pada 1993.

Turner, yang terdidik sebagai seorang pengacara, menjabat sebagai menteri keuangan dari 1972 hingga 1975 tapi mundur di tengah perselisihan soal kebijakan dengan Trudeau. Dia kembali ke profesi hukum selama 9 tahun sebelum memenangi kepemimpinan Partai Liberal pada Juni 1994.

John Napier Wyndham Turner lahir pada 7 Juni 1929. Dia hidup dengan istrinya Geills dan empat anak.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kanada laporkan nol kematian akibat COVID-19 sejak Maret

Baca juga: Penutupan perbatasan AS-Kanada diperpanjang sampai 21 Oktober

 

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
LGMI NEWS 2020

Ingin Berkomentar?

//azoaltou.com/afu.php?zoneid=3065082