Kemarin, RI dapat fasilitas GSP hingga boikot produk Prancis


Jakarta (LGMI NEWS) –

Berita kemarin, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan bahwa Indonesia tetap mendapatkan fasilitas Generalized System of Preference (GSP) dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) hingga Danone menanggapi boikot produk Prancis.

Berikut lima berita ekonomi kemarin, Selasa (3/11) yang masih layak disimak hari ini dihimpun Antara di Jakarta, Rabu :

1. Mendag: RI tetap dapat fasilitas GSP Amerika Serikat

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan bahwa Indonesia tetap mendapatkan fasilitas Generalized System of Preference (GSP) dari Pemerintah Amerika Serikat (AS).

Fasilitas GSP adalah program preferensi penurunan tarif bea masuk yang diterapkan secara unilateral oleh AS kepada negara berkembang, termasuk Indonesia.

Link : Artikel

2. Pemerintah jual sukuk tabungan ST007 untuk pembiayaan proyek hijau

Pemerintah menawarkan penjualan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk tabungan seri ST007 untuk memperluas basis investor ritel di pasar keuangan domestik dan pembiayaan proyek hijau APBN.

Keterangan pers Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan di Jakarta, Selasa, menyatakan masa penawaran ST007 berlaku mulai 4 November hingga 25 November 2020.

Link : Artikel

3. Investasi asing di pertanian relatif tertutup, terutama hortikultura

Peneliti Center for Indonesia Policy Studies (CIPS) Donny Pasaribu menyatakan bahwa investasi asing (Foreign Direct Investment/FDI) di sektor pertanian masih relatif tertutup karena sejumlah regulasi yang dinilai membatasi.

Berdasarkan data Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), indeks ketertutupan Indonesia terhadap investasi di sektor pertanian berada di angka 0,389, dari skala 0=terbuka hingga 1=tertutup.

Link : Artikel

4. BKPM: Pertama kali realisasi investasi di luar Jawa lebih besar

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus mendorong pemerataan realisasi investasi ke luar Jawa, sebagai bagian dari upaya mewujudkan investasi berkualitas.

Upaya tersebut mulai terlihat dari penyebaran realisasi investasi luar Jawa pada periode triwulan III (Juli-September) 2020 yang lebih besar dibandingkan Jawa.

Link : Artikel

5. Danone Indonesia tanggapi kampanye aksi boikot produk Prancis

Danone Indonesia menanggapi kampanye aksi boikot produk Prancis yang ada di Indonesia pasca pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dianggap menghina umat Islam.

Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan, Danone Indonesia tidak memiliki keterkaitan terhadap pandangan politik suatu negara, termasuk Prancis dan hal-hal di luar bisnis perseroan.

Link : Artikel

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Wijaya
LGMI NEWS 2020

Ingin Berkomentar?

//zuphaims.com/afu.php?zoneid=3065082