Harga emas naik seiring pelemahan dolar AS

Harga emas naik seiring pelemahan dolar AS

Ini akan menjadi kesalahan untuk menurunkan suku bunga terlalu cepat…

Jakarta (LGMI News) – Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada Selasa (Rabu pagi WIB) seiring pelemahan dolar Amerika Serikat (AS)

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April tercatat naik 8,50 dolar AS atau 0,42 persen menjadi ditutup pada 2.051,40 dolar AS per ounce.

Penurunan imbal hasil obligasi Treasury AS turut mendukung penguatan harga emas.

Pada Selasa (6/2), Presiden Fed Cleveland Loretta Mester menyatakan dalam pertemuan Ohio Bankers League di Colombus, Ohio, bahwa Federal Reserve dapat menurunkan suku bunga pada “tahun ini” dan memperingatkan akan menjadi “kesalahan” untuk memangkas suku bunga terlalu cepat.

“Ini akan menjadi kesalahan untuk menurunkan suku bunga terlalu cepat atau terburu-buru tanpa bukti yang cukup bahwa inflasi berada pada jalur yang berkelanjutan dan tepat waktu kembali ke 2 persen,” kata Mester.

Di samping itu, beberapa pejabat Fed lainnya disebut akan berbicara pada pekan ini.

Analis pasar berpendapat bahwa rilis data indeks harga konsumen (consumer price index/CPI) mungkin menjadi pendorong potensial bagi pergerakan harga emas dalam jangka pendek.

Terkait logam mulia perak, untuk pengiriman Maret naik 5,60 sen atau 0,25 persen menjadi ditutup pada 22.478 dolar per ounce. Harga platinum untuk pengiriman April naik 7,50 dolar AS atau 0,83 persen ditutup menjadi 903,50 dolar per ounce.

Baca juga: Harga emas dunia naik dipicu turunnya imbal hasil Treasury AS

Baca juga: Emas jatuh tertekan penguatan dolar AS

Penerjemah: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © LGMI News 2024

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *