Dua bakal paslon Pilkada NTT belum serahkan berkas perbaikan

Dua bakal paslon Pilkada NTT belum serahkan berkas perbaikan


Kupang (LGMI NEWS) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mencatat dua bakal pasangan calon peserta Pilkada 2020 di NTT, hingga batas waktu terakhir penyerahan perbaikan berkas pada Kamis (16/9) belum menyerahkan berkas ke KPU.

“Kedua bakal pasangan calon itu yakni satu bakal pasangan calon pada Pilkada Ngada dan satu bakal pasangan calon pada Pilkada Manggarai Barat,” kata Ketua KPU NTT Thomas Dohu kepada LGMI NEWS di Kupang, Jumat, terkait penyerahan berkas perbaikan bakal pasangan calon.

Baca juga: KPU NTT: Bakal calon bupati yang positif COVID-19 tak langsung gugur

Menurut dia, semua sudah memperbaiki berkas sesuai jadwal, kecuali satu bakal pasangan calon di Ngada yang terpapar kasus COVID-19 dan satu bakal pasangan calon di Manggarai karena hasil pemeriksaan kesehatan belum diserahkan ke KPU.

Khusus untuk bakal calon di Manggarai Barat, hasil pemeriksaan kesehatan kemungkinan baru akan diserahkan pada hari ini ke KPU.

Sedangkan untuk Ngada, KPU masih menunggu pemberitahuan dari gugus tugas COVID-19, tentang hasil pemeriksaan terakhir yang dilakukan gugus tugas.

Baca juga: KPU terima pendaftaran 12 bakal paslon Pilkada 2020

“Kami mendapat informasi bahwa bakal calon Bupati Ngada sudah dinyatakan sembuh, sehingga apabila KPU Ngada telah menerima pemberitahuan dari gugus tugas COVID-19, maka berita acara penundaan tahap pilkada terhadap bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Ngada itu segera dicabut,” katanya.

KPU, kata dia, akan membuat berita acara pencabutan dan mengikutsertakan pasangan bakal calon untuk mengikuti tahapan lanjutan pemeriksaan kesehatan dan verifikasi syarat calon yang tertunda.

Baca juga: KPU NTT harap kampanye pilkada 2020 dilakukan secara daring

Pihaknya berharap proses pemeriksaan kesehatan dan verifikasi bakal calon dilakukan dengan cepat, sehingga bisa mengikuti tahapan penetapan peserta pemilu dan penarikan nomor urut peserta Pilkada 2020 yang berlangsung pada 24 September 2020.

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
LGMI NEWS 2020

Ingin Berkomentar?

//azoaltou.com/afu.php?zoneid=3065082