BI: Kinerja perekonomian Kalteng mulai membaik


Perbaikan ini terindikasi dari penjualan eceran yang berada pada tren perbaikan terutama untuk kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

Palangka Raya (LGMI NEWS) – Bank Indonesia Kalimantan Tengah mencatat ada indikasi kinerja perekonomian Kalteng mulai membaik memasuki paruh kedua tahun ini, meski pada semester pertama 2020 melambat.

“Perbaikan ini terindikasi dari penjualan eceran yang berada pada tren perbaikan terutama untuk kelompok makanan, minuman, dan tembakau,” kata Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng Yudo Herlambang di Palangka Raya, Kamis.

Selain itu, lanjut dia, penggunaan e-commerce pun mengalami pertumbuhan positif sejalan dengan masifnya penggunaan media digital pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), serta adanya pemulihan konsumsi yang didukung oleh optimisme konsumen.

Baca juga: Sri Mulyani ungkap harapan kenaikan pendapatan pajak setelah Agustus

Meski begitu, Yudo tetap mengajak semua pihak bersama-sama mendorong realisasi belanja pemerintah dalam upaya membantu memacu perekonomian di Provinsi Kalteng. Hal itu dimulai dari mempercepat realisasi bantuan sosial tunai maupun non tunai, pencairan dana penanganan COVID-19, pelelangan tender proyek.

“Perlu juga dipercepat realisasi Dana Desa (DD), melalui peningkatan peran pendamping di desa dan para perangkat desa dalam memanfaatkan DD,” kata dia.

Sementara itu, laju inflasi di Provinsi Kalimantan Tengah tercatat relatif rendah dan stabil yakni sebesar 1,64 persen (yoy). BI melihat rendahnya inflasi tersebut disebabkan program strategis pengendali harga berjalan efektif dan koordinasi yang solid antar instansi.

Baca juga: Kemenperin gencar upayakan pulihkan ekonomi lewat peningkatan mutu IKM

Kepala Perwakilan BI Kalteng itu menyebut, dalam melakukan pengendalian inflasi di provinsi ini, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terus melakukan pertemuan rutin untuk mengkaji pencapaian kegiatan TPID pada periode sebelumnya, dan merumuskan rencana kegiatan TPID pada periode ke depan.

“Itu yang membuat berbagai program dan kegiatan TPIPD bisa terlaksana dan dijalankan tepat sasaran. Kami berharap itu bisa terus menerus dipertahankan dan lebih ditingkatkan,” kata Yudo.

Pewarta: Kasriadi/Jaya W Manurung
Editor: Nusarina Yuliastuti
LGMI NEWS 2020

Ingin Berkomentar?

//azoaltou.com/afu.php?zoneid=3065082